LAPORAN KEGIATAN BELAJAR MENGAJAR DI PAUD NURUL HIKMAH
Dosen Pembimbing : Dr.Drs.Arcadius Benawa,M,Pd.
Kelas :LJ21
Kelompok :- Arvin Adiputra (2001570825) (Anggota)
Kelas :LJ21
Kelompok :- Arvin Adiputra (2001570825) (Anggota)
- Fadel Radhika Pratama (2001568713) (Anggota)
- Jeremy Gabriel (2001577106) (Anggota)
- Kelvin Satrio Pradewo (2001573272) (Ketua)
- Muhamad Alwin R. T. (2001617570) (Anggota)
- Yodi Aaron (2001590101) (Anggota)
PENDAHULUAN
Pada kesempatan ini, kami ikut serta dalam kegiatan mengajar Pendidikan Anak Usia Dini atau yang disebut PAUD. Kami melakukan kegiatan kepada siswa dan siswi PAUD NURUL HIKMAH sebagai wujud bantuan sosialisasi sesuai kemampuan kami. Selain itu, kegiatan ini sangat berguna bagi kami dalam meningkatkan rasa kepedulian kepada anak di usia dini atau adik-adik kita. Daripada itu, kegiatan ini sebagai wujud kami dalam memenuhi tugas dari mata kuliah CB (Character Building). Semoga dengan adanya tuggas ini, bisa memberikan ilmu dan membangun terhadap sekitar bagi adik-adik PAUD.
TUJUAN
Dengan adanya kegiatan ini, kelompok kami memiliki tujuan sebagai berikut:
- Melaksanakan dan memenuhi tugas yang diberikan kepada kami untuk mata kuliah Character Building Pancasila.
- Menjalin hubungan silahturahmi dengan pihak/lembaga Pendidikan (PAUD) yang kami pilih.
- Memberikan ilmu dan nilai-nilai moral bagi anak-anak didik yang ada di PAUD.
- Meningkatkan sikap kebersamaan dan kehamornisan diantara anggota kelompok.
- Mengasah kemampuan kami dalam mengajar dan bekerja sama dalam tim.
MASALAH
Selama kegiatan mengajar di PAUD kami menghadapi beberapa masalah-masalah yang pertama yaitu, ini pengalaman pertama kami dalam mengajar di sebuah lembaga pendidikan. Juga kadang, kami mengalami sedikit kesulitan dalam mengendalikan kelas untuk tetap kondusif. Namun dengan adanya masalah yang ada membuat kami tertantang untuk melaksanakan kegiatan ini. Dari kegiatan ini, kami merasakan pentingnya menumbuhkan nilai-nilai moral bagi adik-adik kita. Oleh karena itu, kami melaksanakan kegiatan mengajar di PAUD.
METODE KEGIATAN
Kami mengambil metode kegiatan yang sesuai dengan situasi dan keadaan yang ada di PAUD. Kami mengikuti sesuai dengan materi yang ada di PAUD. Kami menggunakan sistem belajar yang santai, agar anak-anak didik tetap tertarik dan fokus pada KBM. Metode kegiatan yang kami lakukan yaitu memberi pengetahuan dan ilmu dasar seperti membaca, menggambar, menulis, dan berhitung serta memberikan pengetahuan dasar umum. Kami melaksanakan kegiatan mengajar selama 4 hari pertemuan. Dimana dalam seminggu, kami melakukan pertemuan 2 hari seminggu. Satu pertemuan kami laksanakan dalam 2 jam. Kegiatan ini kami adakan pada hari Senin tanggal 27 Maret, Kamis tanggal 30 Maret, Senin tanggal 3 April dan Selasa tanggal 4 April. Materi yang kami berikan kepada anak-anak Paud berbeda di tiap pertemuannya. Kami datang di Paud satu jam sebelum kelas dimulai. Kami pun mengadakan briefing sebelum kelas dimulai. Kami juga berkoordinasi dengan wali kelas yang ada untuk mengajar para anak murid.
TEORI KONSEP
Pengeluaran :- Print Materi = Rp 80.000,-
- Bingkisan (Snack) = Rp 80.000,-
- Parcel = Rp 150.000,-
___________+
Total = Rp 310.000,-
Sisa : Rp 2.000,-
KESIMPULAN
Dari kegiatan mengajar kami selama berada di paud. Membuat kami membangun rasa kepedulian terhadap sesama terutama terhadap pendidikan dan adik-adik kita. Selain membangun rasa kepedulian. Kegiatan ini membantu kami dalam membangun hubungan silahturahmi dengan orang lain. Dari kegiatan ini, kami menyadari bahwa pendidikan serta nilai-nilai moral dan budaya yang ada, sangat penting untuk kita tanamkan pada adik-adik kita yang berguna untuk masa depan mereka kedepannya.
TEORI KONSEP
Kelompok
kami menggunakan konsep belajar yang santai, sehingga para anak didik tidak
merasa bosan atau terpaksa selama kegiatan belajar mengajar. Kami meminta
saran dari wali kelas yang ada tentang
bagaimana cara mengajar para anak didik yang ada dimasing-masing kelas. Kami
pun juga mengikuti materi pembelajaran sesuai dengan yang ada pada buku modul
belajar PAUD tersebut. Kami juga
mengajarkan nilai-nilai moral dan etika dalam bersosialisasi. Sehingga para
anak didik yang ada bias tahu bagaimana bersikap dan bertingkah laku sopan
dalam kegiatan sosialnya.
Pelaksanaan
a. Tempat Dan
Waktu Kegiataan Pelaksanaan :
§ Hari/Tanggal :
- Jumat, 24 Maret 2017 : Survei dan Perjanjian.
- Senin, 27 Maret 2017 : Mulai mengajar, mengajar tentang sila-sila dalam pancasila serta belajar nempel serpihan kecil origami pada sebuah gambar.
- Kamis, 30 Maret 2017 : Mengenalkan nama-nama hewan dan belajar menggambar dan mewarnai gambar hewan.
- Senin, 3 April 2017 : Mengenalkan nama-nama buah dalam bahasa inggris.
- Selasa, 4 April 2017 : Mengajarkan Berhitung. Dimulai dari 1-10. Serta belajar menyebut angka dalam bahasa inggris.
- Jumat, 24 Maret 2017 : Survei dan Perjanjian.
- Senin, 27 Maret 2017 : Mulai mengajar, mengajar tentang sila-sila dalam pancasila serta belajar nempel serpihan kecil origami pada sebuah gambar.
- Kamis, 30 Maret 2017 : Mengenalkan nama-nama hewan dan belajar menggambar dan mewarnai gambar hewan.
- Senin, 3 April 2017 : Mengenalkan nama-nama buah dalam bahasa inggris.
- Selasa, 4 April 2017 : Mengajarkan Berhitung. Dimulai dari 1-10. Serta belajar menyebut angka dalam bahasa inggris.
b. Bentuk Kegiatan:
- pertemuan 1 : survei dan perijinan mengajar
- pertemuan 2-4: kegiatan mengajar
c. susunan kegiatan :
hari/tanggal
|
waktu
|
kegiatan
|
|
Senin, 27 Maret 2017
|
7:30
|
Briefing
|
|
7:45
|
Doa untuk memulai pelajaran
|
||
8:00
|
Kegiatan mengajar : mengajarkan pancasila, bernyanyi lagu
nasional, mengajarkan menempel origami pada gambar
|
||
9:00
|
Istirahat
|
||
9:15
|
Kembali Belajar
|
||
9:30
|
Persiapan pulang dan doa pulang
|
||
9:45
|
Selesai
|
||
Kamis, 30 Maret 2017
|
7:30
|
Briefing
|
|
7:45
|
Doa untuk memulai pelajaran
|
||
8:00
|
Kegiatan mengajar : belajar mengenal nama-nama hewan dan belajar
menggambar serta mewarnai gambar hewan
|
||
9:00
|
Istirahat
|
||
9:15
|
Kembali belajar
|
||
9:30
|
Persiapan pulang dan doa pulang
|
||
9:45
|
Selesai
|
||
Senin, 3 April 2017
|
7:30
|
Briefing
|
|
7:45
|
Doa untuk memulai pelajaran
|
||
8:00
|
Kegiatan mengajar : mengajarkan nama-nama buah dalam bahasa
inggris
|
||
9:00
|
Istirahat
|
||
9:15
|
Kembali belajar
|
||
9:30
|
Persiapan pulang dan doa pulang
|
||
9:45
|
Selesai
|
||
Selasa, 4 April 2017
|
7:30
|
Briefing
|
|
7:45
|
Doa untuk memulai pelajaran
|
||
8:00
|
Kegiatan mengajar : belajar berhitung
|
||
9:00
|
Istirahat
|
||
9:15
|
Kembali belajar
|
||
9:30
|
Persiapan pulang dan doa pulang
|
||
9:45
|
Selesai
|
d. susunan anggota :
- ketua : Kelvin Satrio Pradewo
- dokumentasi :
- Jeremy Gabriel
- Yodi Aaron
-seksi perlengkapan : - Arvin Adiputra
- Fadel Radhika
- Fadel Radhika
- Muhamad Alwin R.T.
e. anggaran kegiatan :
Pemasukan : - Arvin Adiputra = Rp 52.000,-
- Fadel Radhika P = Rp 52.000,-
- Jeremy Gabriel = Rp 52.000,-
- Kelvin Satrio P = Rp 52.000,-
- Muhamad Alwin = Rp 52.000,-
- Yodi Aaron = Rp 52.000,-
____________+
Total = Rp 312.000,-
- Fadel Radhika P = Rp 52.000,-
- Jeremy Gabriel = Rp 52.000,-
- Kelvin Satrio P = Rp 52.000,-
- Muhamad Alwin = Rp 52.000,-
- Yodi Aaron = Rp 52.000,-
____________+
Total = Rp 312.000,-
Pengeluaran :- Print Materi = Rp 80.000,-
- Bingkisan (Snack) = Rp 80.000,-
- Parcel = Rp 150.000,-
___________+
Total = Rp 310.000,-
Sisa : Rp 2.000,-
Dari kegiatan mengajar kami selama berada di paud. Membuat kami membangun rasa kepedulian terhadap sesama terutama terhadap pendidikan dan adik-adik kita. Selain membangun rasa kepedulian. Kegiatan ini membantu kami dalam membangun hubungan silahturahmi dengan orang lain. Dari kegiatan ini, kami menyadari bahwa pendidikan serta nilai-nilai moral dan budaya yang ada, sangat penting untuk kita tanamkan pada adik-adik kita yang berguna untuk masa depan mereka kedepannya.
FORM PENILAIAN SELAMA KEGIATAN
VIDEO SAAT MENGAJAR DI NURUL HIKMAH
Berikut
refleksi tiap anggota kelompok :
Arvin Adiputra (2001570825)
Mengajar
serta mempersiapkan materi dan perlengkapan mengajar.
Kesan : Dapat pengalaman bagaimana menjadi seorang
bagi anak-anak bagaimana menjadi seorang guru dan seorang pembimbing yang baik.
Pesan : Semoga apa yang kita lakukan bisa berguna
bagi orang lain dan bisa membuahkan bibit bangsa yang baik.
Fadel Radhika Pratama (2001568713)
Mengajar
serta mempersiapkan materi dan perlangkapan mengajar.
Kesan : Kegiatan ini sangat bermanfaat bagi saya
karna meningkatkan rasa sosialisasi dalam membantu pengajaran disana dan dapat
lebih menghargai dan mengerti bagaimana sulit dan sabarnya guru mengajar kita.
Pesan : Pesan saya terhadap tugas ini semoga
kedepannya dapat lebih baik dan menjadikan mahasiswa binus lebih berkarakter
yang istimewa.
Jeremy Gabriel (2001577106)
Mengajar
serta bertugas mendokumentasi kegiatan.
Kesan : Dalam pengajaran tersebut banyak banget
hal-hal yang saya dapat. Yang pasti lebih menghargai guru yang telah ngajarin
kita. Karena sekarang gua udah dirasakan jadi guru tuh nggak enak kalau nggak
dihargai sama muridnya. Mungkin kedepannya saya bisa belajar agar bisa lebih
empati dan simpati terhadap orang-orang.
Pesan : Mungkin kedepannya lebih giat lagi dalam
mengerjakan sesuatu yang sudah menjadi tanggungjawab kita.
Kelvin Satrio P (2001573272)
Kelvin Satrio P (2001573272)
Memberikan
arahan kepada para anggota kelompok.
Kesan : jujur ini pengalaman pertama saya mengajar.
Saya sudah mengerti bagaimana menyampaikan materi serta mendidik adik-adik kita
bukanlah suatu hal yang mudah. Dari kegiatan ini saya banyak belajar bagaimana
saya harus mendidikan dan mengajarkan adik-adik kita dengan baik. Terutama
dalam memberikan nilai-nilai moral dan etika pada adik-adik kita.
Pesan : Semoga dari kegiatan ini, bisa menjadi
contoh yang baik untuk kita semua. Serta menambah kepekaan kita kepada keadaan
social yang ada disekitar kita.
Muhamad Alwin R.T. (2001617570)
Muhamad Alwin R.T. (2001617570)
Mengajar
serta mempersiapkan materi dan perlengkapan mengajar.
Kesan : sangat terkesan atas
kegiatan belajar mengajar dengan paud
Pesan : semoga anak-anak murid
terwujud cita-citanya.
Yodi Aaron (2001590101)
Mengajar
serta bertugas mendokumentasi kegiatan.
Kesan : Selama saya mengajar dan bermain bersama
anak-anak di paud, saya merasa senang dapat membantu kegiatan belajar mengajar
di PAUD, saya merasa senang dapat membantu kegiatan belajar mengajar di PAUD.
Dan banyak pelajaran yang saya dapat bahwa mengajar atau menjadi seorang guru
bukanlah hal yang mudah.
Pesan : pesan saya terhadap tugas ini,
mudah-mudahan semua apa yang telah kita lakukan dapat bermanfaat.
LAMPIRAN
LAMPIRAN
Nama
PAUD : PAUD NURUL HIKMAH
Alamat : Jl. Raya Bhayangkara 1,
Kunciran Pinang, Tangerang Selatan, Komplek Perumahan Duta Bintaro Tampak
Siring Masjid Jami Baitul Hikmah, Kec. Tangerang, 15138
Telpon : (021) 53129313
Jumlah
Guru : 6 Orang termasuk
Kepala Sekolah
Jumlah
Murid : 40 Orang
Berikut
foto-foto kami selama kegiatan :
Komentar
Posting Komentar